Senin, 17 Desember 2012

Menentukan Arah Qiblat InsyaAllah Akurat


Menghadap kiblat adalah salah satu syarat dari 9 syarat shalat. Shalat tidak akan sah kecuali jika kita memenuhi syarat-syarat, rukun-rukun dan hal-hal yang wajib ada padanya serta menghindari hal-hal yang akan membatalkannya.
Adapun 9 syarat-syaratnya tersebut:
1. Islam,
2. Berakal,
3. Tamyiz (dapat membedakan antara sesuatu yang baik dan yang buruk),
4. Menghilangkan hadats (besar/kecil)
5. Menghilangkan najis,
6. Menutup aurat,
7. Masuknya waktu,
8. Menghadap kiblat,
9. Niat.
Secara bahasa, syuruuth (syarat-syarat) adalah bentuk jamak dari kata syarth yang mengandung makna alamat. Sedangkan menurut istilah adalah apa-apa yang ketiadaannya menyebabkan ketidakadaan (tidak sah), tetapi adanya tidak mengharuskan (sesuatu itu) ada (sah). Contohnya, jika tidak ada thaharah (kesucian) maka shalat tidak ada (yakni tidak sah), tetapi adanya thaharah tidak berarti adanya shalat (belum memastikan sahnya shalat, karena masih harus memenuhi syarat-syarat yang lainnya, rukun-rukun shalatnya, hal-hal yang wajibnya dan menghindari hal-hal yang membatalkannya.

Secara praktis dan cepat, arah kiblat dapat ditentukan/dibantu menggunakan web(internet). Buka browser dan arahkan situs ke http://www.qiblalocator.com. Jika website tersebut sudah nampak, tekan dan geser (drag) kursor ke arah (kota/lokasi) yang kita kehendaki. Bujur. lintang, arah dan jarak akan secara otomatis menghitung dan tampil dilayar (lihat gambar). Sudahkah Anda shalat? selamat mencoba qiblatlocator!

Tidak ada komentar: